My Passion

My Passion

16 déc. 2012

#2 Mengapa Anda Tidak Perlu Khawatir Akan Kegagalan

Lanjutan post sebelumnya..

Materi siaran kedua adalah tentang Mengapa Anda Tidak Perlu Takut Akan Kegagalan?

Merasa takut akan masa depan terlebih lagi khawatir akan kegagalan itu wajar, teman-teman mahasiswa. Pastinya setiap orang memiliki kekhawatirannya tersendiri entah masalah jodoh, pekerjaan, keluarga, dll. 

Tetapi kegagalan bukan berarti akhir dari segalanya. Justru seperti kata orang bijak "kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda". Ada beberapa nilai positif dari kegagalan yang kadang tidak terlihat olrh kebanyakan orang yang sedang mengalaminya. Berikut adalah beberapa poin penting yang menjadi alasan mengapa kita tidak perlu takut akan kegagalan..

  • Kegagalan dapat menciptakan pilihan baru
Kegagalan memberikan pelajaran yang tidak ternilai untuk anda. Kegagalan merupakan keadaan dimana sebuah pintu seolah tertutup, tetapi akan membantu Anda membuka mata untuk kemungkinan-kemungkinan lainnya. Bagian terbaik dari kegagalan ialah Anda dibawa pada suatu jalan yang belum pernah Anda temukan sebelumnya.

  • Melatih kesabaran
Terkadang kegagalan membawa kita pada tingkat emosi yang tidak stabil. Saya rasa semua orang akan merasa kesal, marah, kecewa atau pun sedih ketiga mengalami kegagalan. Tetapi poin terpentingnya ialah jangan memendam kekesalan Anda. Selain itu Anda juga harus berhenti untuk bersikap defensif dan terus mencari-cari alasan akan kegagalan yang Anda alami. Alasan-alasan tersebut akan meracuni pikiran Anda dan terus terbawa, sehingga tidak ada dorongan untuk mencari dan memperbaiki kesalahan. Lampiaskanlah perasaan Anda secara wajar. Menangislah jika perlu menangis. Tapi cukup sebatas itu, karena masa depan yang cerah masih menanti Anda.

  • Kegagalan sebagai sumber kreatifitas
Ketika kegagalan menerpa kehidupan Anda, jangan biarkan hal itu membuat Anda terpuruk dan jatuh. Sebaliknya, biarkan hal ini menjadi pacuan Anda untuk maju dan mencari jalan lain untuk mencapai tujuan Anda. Di sinilah Anda akan dituntut untuk menjadi seseorang yang kreatif dan punya kemauan untuk maju.

  • Memperoleh kekuatan baru
"What doesn't kill you make you stronger" potongan lagu ini dirasa sangat tepat. Tujuan manusia hidup ialah untuk bertahan hidup. Jadi setiap tempaan yang Anda alami akan membuat Anda semakin kuat dan bukan malah melemahkan Anda. Menemukan sumber kekuatan dan motivasi diri merupakan kunci utama.

Semoga poin-poin diatas dapat memaparkan dengan cukup jelas mengapa Anda tidak perlu takut mengalami kegagalan. Kegagalan merupakan sumber pembelajaran. Untuk meraih kesuksesan, Anda perlu melalui proses dan tempaan yang panjang, tetapi disinilah Anda dibentuk dengan mental pemenang. Akhir kata, masa depan Anda, ditentukan dari hari ini. Jadi, lakukanlah yang terbaik dan mulailah hari ini!

Last but not least, thank you for accompanying me and giving me advice, mas @chrispewe :)


Kiss and hug,


Delicia

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire