My Passion

My Passion

3 déc. 2012

#1 TIPS MOVE ON

Back with me on 107.7 FM Radio Kampus ITB, Play Your Best Music !

That's the station id which I have to say everytime I go on air ;)

As its title, this post is about my first broadcast materials which tells you some tips for moving on from your ex. I chose this topic because lately I feel like there are so many people breaking up with their boyfriend/girlfriend. I don't like watching them desperate and have a look of my-world-is-falling-down. So, I do hope that these tips might help you guys to move on from your used-to-be-the-special-one and continue your life :)

Here are the tips:


  1. Menerima bahwa hubungan sudah berakhir
Sudah saatnya kalian face the truth kalau hubungan kalian itu sudah berakhir. Ya, jodoh memang urusan Tuhan, dan kemungkinan kamu balikan sama mantan itu mungkin terjadi. Tetapi, jangan menghabiskan waktumu berkhayal tentang ide itu! Kamu harus menerima kenyataan bahwa hubungan sudah berakhir. Jadi, daripada membuat kecewa diri sendiri, lebih baik let it go...

    2. Ekspresikan kesedihan secara produktif

Biasanya setelah putus, kita diliputi oleh emosi yang berlebihan. Bahkan banyak orang yang melampiskan meosinya tersebut dengan negatif seperti membuat posting yang 'kurang menyenangkan' di jejaring sosial, membalas dendam pada mantan ataupun berusaha membuatnya cemburu, dsb. Sebaliknya lebih baik energi negatif yang berlebihan itu disalurkan pada kegiatan yang positif seperti menulis puisi, bermain musik, berolahraga, dll.

    3. Hindari makan dan minum berlebihan

Sindrom ini seringkali terjadi saat kita sedang berada dalam keadaan stress atau tertekan, yaitu melampiaskannya ke makanan. Untuk sesaat kelihatannya dapat mengurangi rasa sedih, tapi pelampiasan dengan cara tersebut dapat berdampak buruk kedapannya. FYI, terlalu sering makan dan melebihi porsi normal dapat membuat pencernaan cepat rusak karena dipaksa bekerja melebihi beban yang seharusnya.

    4. Manjakan diri

Salah satu cara untuk melupakan si dia adalah dengan menenangkan pikiran. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang sifatnya memberikan relaksasi pada tubuh dan pikiran, seperti pergi ke salon, jalan-jalan, dll. Give your heart a break.

     5. Ngobrol dengan keluarga atau teman

Tanpa disadari selama menjalani hubungan seringkali kita lupa membagi waktu dengan keluarga dan teman. Di saat vacuum inilah merupakan momen yang tepat untuk kita kembali menjalin hubungan dengan keluarga dan teman. Betapa berharganya perhatian dan support mereka untuk membantu Anda melupakan si dia.

    6. Alihkan pikiran

Di waktu senggang seringkali tanpa sengaja kita kembali memikirkan si dia, sehingga sulit rasanya untuk move on. Lakukanlah kegiatan lain untuk mengalihkan pikiran Anda. Anda bisa mulai menyibukkan diri dengan hal-hal yang Anda sukai, seperti belajar bermain musik, bergabung ke suatu komunitas / organisasi, dll.

    7. Dekatkan diri dengan Tuhan

Pasca-putus, banyak orang beralih ke hal negatif seperti pergi ke clubbing, merokok berlebihan, atau pun mulai banyak 'minum'. Hal-hal tersebut merupakan pelampiasan yang salah. Seharusnya hal pertama yang Anda cari di saat seperti itu ialah Tuhan. Bukan berarti menjadi religius, tetapi dengan mendekatkan diri dengan Tuhan dapat memberikan kedamaian yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

    8. Hilangkan perasaan bersalah

Seringkali terbersit pikiran seperti "Andai saja dulu saya lebih perhatian, dia pasti tidak akan selingkuh.." atau "Seharusnya dulu saya bisa jadi lebih sabar dan dewasa sehingga bisa mengerti keadaannya.." Stop merasa bersalah! dan stop mengingat masa lalu! Sekali lagi, nasi telah menjadi bubur. Seharusnya Anda menyadari hal tersebut sebelum hubungan Anda berakhir dan sudah tidak ada gunanya Anda memikirkan hal itu sekarang karena hal itu tidak akan mengubah apapun.

    9. Cari pengganti

Carilah orang baru untuk memulai sebuah hubungan. Hubungan yang sehat adalah saat Anda siap. Hindari hubungan yang bersifat 'pelampiasan' atau hanya bermotif balas dendam pada mantan. Anda mungkin masih marah atas berakhirnya hubungan yang sebelumnya, tapi jangan menjadi tawar hati dan cobalah untuk membuka diri untuk kemungkinan baru. Namun sekali lagi, lakukanlah ketika Anda sudah siap. Jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan.


Well, those are the tips I got. Hopefully, they can open your mind and help you to move on. Remember, there are plenty of fish in the sea ;;)


Hugs & Kisses,

Delicia


2 commentaires:

  1. Tipsnya lengkap banget, tapi ngelakuinnya gak segampang membacanya, hahaha.

    RépondreSupprimer
  2. haha pastinya memang talking is much more easier than doing.
    Tapi kadang ada hal-hal yang harus kita lakuin meskipun prosesnya samasekali ga gampang.. hahah #sokbijak :p

    RépondreSupprimer