My Passion

My Passion

3 août 2012

Review Kamis, 2 Agustus 2012


Pada hari ini, Kamis, 2 Agustus 2012, kembali diadakan interaksi PPAB MTI 2012. Jarkom untuk interaksi kali ini cukup mendadak. Seperti biasa, kami berkumpul di selasar PLN sebelum interaksi dimulai. Di sini kami membagikan biscuit (yang dibeli untuk satu angkatan), pita identitas, name tag, serta saling melengkapi dan mengecek spek antarangkatan 2011. Lalu secara sporadic kami pun melakukan mobilisasi ke Gedung Teknik Industri lantai 3.

                Sesampainya di dalam ruangan, ternyata kami masih dinyatakan terlambat sekitar 10 menit. Setelah itu kami melakukan pengecekan kuorum serta cek spek. Kuorum untuk setiap interaksi seharusnya 161 orang, tetapi total peserta yang datang hari ini hanya 132 orang. Berarti kami tidak mencaoai kuorum, dan PJ Kuorum ( Novan dan Andre) harus melakukan konsekuensi berupa push up sebanyak dua seri (20 kali push up). Kegiatan selanjutnya ialah cek spek. PJ spek untuk pertemuan kali ini ialah Andi Dananto. Setelah melakukan serangkaian cek spek, ternyata masih terdapat 16 orang yang tidak membawa spek dengan lengkap. Sesuai dengan perjanjian antara PJ dan pendiklat, PJ akan dikenai push up sebanyak satu seri untuk setiap orang yang tidak membawa spek dengan lengkap, yang berarti Andi harus turun 160 kali push up.

                Akhirnya kami memasuki sesi materi. Materi yang diberikan kali ini ialah 7 Tools oleh ka Bintang dan Ka Tafta (MTI ’09). Seven Tools merupakan alat yang memudahkan kita dalam melakukan quality control. Quality control ini perlu dilakukan agar proses produksi barang dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien, serta menghasilkan output yang maksimal. Seven Tools terdiri dari Flowchart, Control Chart, Fish bone chart, scatter plot, histogram, check sheet, dan pareto chart.
*Keterangan dan penjelasan lebih lanjut telah dibuat pada paper 7 Tools*
Setelah itu kami pun diberikan contoh studi kasus dan bagaimana memecahkan kasus serta mencari solusi dengan metode 7 Tools. Tools yang digunakan yaitu Fish Bone dan Scatter Plot.

                Acara dilanjutkan dengan presentasi kasus sederhana yang terjadi di kawasan ITB oleh masing-masing kelompok. Pada kasus yang diajukan, kami harus mencari solusinya dengan menggunakan metode yang telah tersedia di 7 tools. Sesi presentasi diikuti juga dengan sesi pertanyaan oleh kakak MTI ’09.

                Akhrinya, kami kembali dimobilisasi ke gedung Teknik Industri. Disana kami diberikan tugas-tugas  dan mendapat tegoran atas tugas kami yang masih dianggap lalai oleh kakak Litbang. Sebelum kami dibubarkan, kami sempat diajak berdiskusi tentang masalah angkatan kami yang seringkali melalaikan tugas. Gelaja, penyebab, serta solusi kami cari dengan metode Fish Bone.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire