My Passion

My Passion

14 août 2012

Apa yang akan dilakukan ketika di MTI?


Ketika sudah menjadi anggota MTI, tentulah sudah saatnya saya bertanya pada diri sendiri: Kontribusi apa yang dapat saya berikan pada MTI? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, hal pertama yang harus saya lakukan adalah mengenal MTI lebih dalam lagi dan melakukan refleksi diri. Sebelum saya melakukan sesuatu atau pun memberikan sesuatu pada MTI, tentunya hal-hal tersebut harus selaras dengan tujuan saya masuk MTI. Kontribusi yang nantinya saya berikan pada MTI sudah sewajarnya sejalan dengan visi hidup dan minat/bakat yang saya miliki. Selain itu, untuk memberikan sesuatu kepada suatu lembaga seharusnya sesuai dengan visi /misi dari lembaga tersebut agar  apa yang nantinya diberikan ataupun dilakukan adalah sesuai dengan kebutuhan lembaga.
Tujuan utama saya menjadi anggota MTI ialah sebagai sarana pengembangan diri dan menambah pengalaman serta memperluas networking. MTI juga menjadi salah satu wadah untuk menunjukan kontribusi nyata dalam hal melakukan pengabdian/pelayanan masyarakat.
Dari pengenalan seluruh divisi yang ada di MTI, ada beberapa divisi yang menarik minat saya, khususnya sebagai sarana pengembangan diri. Saya ingin turut mengambil bagian di divisi seni dan budaya atau yang biasa disebut divisi senbud. Divisi ini membawahi beberapa club, seperti band, tari, dll. Sebagai mana kita ketahui, MTI menjadi juara di lomba paduan suara yang diadakan PSM ITB. Vocal group MTI juga sudah banyak dikenal dan telah mengisi beberapa acara seperti pada PSB ITB bulan Maret lalu. Paduan suara (vocal group) merupakan cabang / club dari divisi seni budaya. Saya bukanlah orang yang memiliki bakat yang besar dibidang kesenian atau pun tahu banyak mengenai kebudayaan, tetapi harapan saya ialah dengan hadirnya saya di divisi ini dapat memberikan banyak masukan atau pun opini berdasarkan pengalaman saya yang berkenaan dengan seni / budaya sehingga nantinya hal tersebut dapat menjadi sarana pengembangan diri bagi divisi ini khususnya kepada segenap anggota senbud ataupun MTI kedepannya.
Selain di divisi seni budaya, saya juga tertarik akan bidang keuangan yang termasuk pada bidang supporting. Saya merasa akan mendapat banyak sekali pengalaman akan management keuangan jika saya turut aktif di divisi ini. Sebenarnya, ketertarikan saya akan divisi ini diawali dari banyak rumor yang berkata bahwa uang kas / simpanan MTI jumlahnya banyak; yang ternyata memang benar adanya. Dengan turut aktif di divisi ini , berarti saya dapat banyak belajar tentang bagaimana mengelola keuangan di suatu organisasi. Tentunya membutuhkan tanggung jawab yang besar serta strategi pengelolaan uang yang baik karena selain faktor banyaknya jumlah uang yang ada, juga berkenaan dangan organisasi tersebut. Uang adalah sesuatu yang sangat vital dan berhubungan langsung dengan berbagai proker  (program kerja) yang akan diadakan oleh MTI. Oleh karena itu, divisi keuangan merupakan divisi yang crucial dan menjadi bagian dari divisi keuangan merupakan suatu amanah yang menuntut tanggung jawab besar.
Sebagaimana kita ketahui, MTI telah banyak mengadakan acara yang sering kali mengundang banyak alumni atau pun tamu-tamu dari luar kampus. Salah satu acara yang telah diadakan MTI dan banyak mengundang tamu dari perusahaan lain ialah Carreer Day. Disana, kami dapat membangun koneksi dengan perusahaan-perusahaan luar yang nantinya akan sangat membantu jika sudah lulus atau pun sedang mencari kerja. Proker besar MTI lainnya ialah wisuda. Wisuda beserta arak-arakannya merupakan budaya kampus ITB yang telah dilakukan sejak dulu dari tahun ke tahun. Tentunya MTI juga ikut terlibat dalam salah satu event besar kampus ini. Saat mengurus wisuda, segenap anggota MTI dapat terlibat untuk berpartisipasi di dalamnya. Entah untuk ikut arak-arakan, menjadi danlap wisuda, atau pun sebagai LO wisudawan. Wisudaan ini merupakan moment besar yang dapat menjadi ajang memperluas network khususnya dengan para alumni jika saja saya menjadi salah satu panitianya / pengurus wisuda. Keterlibatan ini bisa jadi bukan merupakan hal besar seperti menyanyi saat syukwis atau menjadi LO bagi salah saru wisudawan. Tetapi rangkaian acara wisuda merupakan salah satu moment terpenting bagi para wisudawan dan MTI, sehingga kontribusi sekecil apapun yang kita lakukan adalah sangat berarti khususnya bagi para wisudawan. Saya pribadi sangat berminat untuk menjadi bagian dari acara wisudaan MTI (karena selama ini hanya sebatas menonton). Kemungkinan besar saya ingin mendaftar di Oprec (open recruitment) untuk menjadi LO, karena salah satu wisudawan bulan Oktober sudah ada yang meminta saya menjadi LO nya. Tentunya hal ini akan dapat saya lakukan jika sudah menjadi bagian dari keluarga MTI.
MTI memiliki kegiatan yang sangat beragam. Bukan hanya kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan organisasi internal saja, tetapi juga kegiatan yang memberikan kontribusi  pada masyarakat / lingkungan sekitar. Sebagai organisasi besar, merupakan langkah yang sangat baik untuk oengembangan diri anggotanya ketika organisasi tersebut turut menaruh perhatian akan masyarakat sekitar karena dengan sendirinya hal tersebut akan membangun kesadaran serta meningkatkan kepedulian peserta akan lingkungan sosial khususnya bagi warga masyarakat yang memerlukan bantuan. MTI memiliki bidang khusus untuk pengabdian masyarakat yang membawahi  dua divisi, yaitu community service (comserv) dan community development (comdev). Kedua divisi ini merupakan perpanjangan tangan MTI untuk dapat berkecimpung di bidang pelayanan sosial. Di sinilah dimana kontribusi nyata dari MTI untuk masyarakat luas dapat ditunjukan, atau dengan kata lain melalui inilah kontribusi nyata saya untuk MTI dan masyarakat luas dapat terlihat. Setelah dijelaskan tentang proker-proker yang dimiliki comdev dan comserv, saya terdorong untuk turut berpartisipasi di dalamnya, partisipasi saya untuk divisi/kegiatan ini mungkin tidak besar tetapi dorongan untuk memberi tersebut yang membuat saya ingin turut membantu dalam prokernya. Saya tertarik dengan proker charity (amal) juga desa Cibuluh (maaf jika terdapat kesalahan ketik) yang selama ini kehidupan desanya didukung oleh MTI. Mungkin kalau ada oprec untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial ini saya akan antusias untuk daftar dan turut memberikan bantuan semampu saya. Kalau boleh saya bilang, kedua divisi ini memiliki tujuan yang sangat mulia dan kembali mengingatkan mahasiswa MTI untuk tidak terlalu terlena dengan kegiatan belajar atau kegiatan mahasiswa lainnya, tetapi juga tetap mengingat bahwa apa yang telah didapatkan sudah seharusnya dikembalikan lagi pada masyarakat melalui proker-proker yang telah dibuat dan disediakan bagi segenap masa MTI yang ingin terlibat.
Akhir kata, mungkin apa yang dapat saya berikan kepada MTI nantinya bukanlah kontribusi yang besar, tetapi besar harapan saya jika aksi-aksi kecil yang saya lakukan itu dapat menjadi ajang pengembangan diri bagi anggota MTI lainnya dan juga bagi saya. Sekali lagi hal-hal yang saya tuliskan di sini masih merupakan bayangan atau angan-angan saya ketika nantinya menjadi bagian dari MTI. Besar harapan saya untuk dapat merealisasikan setidaknya sebagian besar dari apa yang telah saya tuliskan.
Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Sekian dan terimakasih.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire