My Passion

My Passion

29 juil. 2012

PRAINTERAKSI MINGGU, 29 JULI 2012


Hari ini diadakan Preinteraksi PPAB MTI 2012. Kegiatan ini bertempat di Amphiteater (dekat GKU Barat) dimulai pukul 13.00. Moderator dari acara ini adalah ka Harvan (TI'10). Materi pertama adalah tentang pengenalan MTI dan PPAB yang dibawakan oleh ka Hervy Tri Fasano (TI'09) selaku Ketua PPAB. Beliau menjelaskan tentang PoPoPe yang merupakan akronim dari Posisi, Potensi, dan Peran. Mengetahui tentang PoPoPe mahasiswa merupakan hal yang fundamental supaya kita sebagai mahasiswa dapat bertindak dan menempatkan diri sebagaimana mestinya. 

  • Posisi : Masyarakat sipil yang terpelajar (sebagai mahasiswa)
  • Potensi: kritis, idealis, independen, semangat, berbasis keilmuan (multidisiplin ilmu), memiliki networking yang luas, dan berwawasan luas
  • Peran: 


  1. Agent of change - sebagai pelopor perubahan menuju yang lebih baik
  2. Guardian of value - sebagai penjaga nilai yang menjaga nilai-nilai baik yang telah tertanam secara turun-temurun
  3. Iron stock - sebagai calon pemimpin masa depan / generasi penerus


Selanjutnya, beliau juga menjelaskan tentang dasar MTI, yaitu untuk menghasilkan output mahasiswa yang cakap, profesional, dan bermoral. Lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai PPAB. PPAB adalah Penerimaan dan Pembinaan Anggota Baru. PPAB dilakukan guna membentuk mahasiswa yang cakap, profesional, bermoral, berpengabdian, dan berkeprofesian agar dapat berkontribusi untuk Indonesia.

Pada acara tersebut, dibahas pula mengenai empat poin penting isi Plaza Widya Nusantara:
1. kampus ITB adalah tempat menimba ilmu sains dan teknologi,
2. kampus sebagai tempat untuk bertanya dan mendapatkan jawabannya,
3. kampus sebagai tempat mengembangkan watak dan kepribadian mahasiswa, dan
4. kampus bukan menjadi  pelopor pembangunan melainkan menjadi pelopor pemersatu bangsa Indonesia.

Setelah banyak membahas mengenai materi, acara dilanjutkan dengan mengadakan tes kepribadian. Tes ini terdiri dari 37 soal dimana masing-masing soal memiliki empat pilihan berbeda. Kami diminta mengerjakan secara cepat dan menuliskan pilihan kami di secarik kertas. Kategori kepribadian berdasarkan hasil tes ialah Sanguinis, Plegmatis, Melankolis, dan Koleris.

Rangkaian acara terakhir dari kegiatan ini ialah pembacaan kontrak belajar dan dilanjutkan dengan pembacaan tugas oleh tim Litbank.



Oleh:
Delicia Ulyta

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire